iklan banner

Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 Disetujui Sebagai Perda

30 Juli 2019

Bupati VAP menandatangani Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2018

Minahasa Utara (lintasslut.com) -Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa Utara tahun anggaran 2018 telah disusun sesuai dengan peraturan yang berlaku, terealisasinya kegiatan dan program pembangunan daerah pada umumnya sudah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

 

Hal ini sampaikan Lucky Bernhard Kiolol mewakili panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Minahasa Utara pada rapat paripurna, Senin (29/07/19).

 

Usulan atau pendapat dilontarkan Pansus DPRD Kabubapten Minut dengan didasari kesimpulan diatas. penetapan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minut tahun 2018 dengan sisa lebih perhitungan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sebesar Rp72.893.885.829.40 Miliar dapat disetujui dan tetapkan sebagai peraturan daerah.

 

Pansus berharap apresiasi dan rekomendasi hasil pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah Kabupaten Minut tahun anggaran 2018 untuk dapat ditindak lanjuti dengan tujuan dapat menjadi perbaikkan dalam penyelenggaraan pemerintahan Minut pada masa yang akan datang dengan beberapa rekomendasi.

 

"Apresiasi disampaikan panitia khusus DPRD Minut kepada perangkat daerah yang memiliki target Pendapatan Asli Daerah (PAD) walaupun belum semua perangkat daerah dapat terealisasi namun dari capaian sudah terlihat usaha dan kinerja yang baik dari seluruh perangkat daerah. Kita juga patut mensyukuri hasil pemeriksaan BPK RI untuk laporan pemeriksaan keuangan tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," ucap Kiolol.

 

Dalam hal ini Pansus DPRD Minut juga berharap Pemerintah Kab Minut dapat merasionalisasi dengan meningkatkan target PAD dengan menggali potensi - potensi yang menjadi sumber pendapatan secara maksimal berdasarkan kajian.

 

Kiolol menambahkan, dengan adanya peningkatan ekuitas atau meningkatan kekayaan daerah yang menunjukkan kinerja keuangan terhadap pendapatan oprasional yang baik selang satu tahun dari  awal januari hingga desember 2018.

 

"Untuk itu diharapkan pada tahun mendatang koreksi terhadap ekuitas pemerintah dapat terus dilakukkan mengingat banyak aset dan kekayaan daerah yang belum tercatat sebagi aset pemerintah daerah" harapnya.

 

Dengan Adanya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) dengam jumlah Rp72.893.885.829.40 Miliar, Pansus DPRD Minut berharap kedepan untuk dilakukan perencanaan anggaran avaluasi capaian kinerja yang lebih matang.

(Jap)




BERITA UTAMA

BERITA TERKINI

Proyek Hotmix Girian, Bitung, Likupang Diduga Bermasalah
Dimuat pada 19 September 2019

Minahasa Utara (lintassulut.com) -Pekerjaan proyek preservasi jalan Girian,...


Parkiran Kendis Pimdekot Layak Tersedia Di Kantor DPRD Manado
Dimuat pada 19 September 2019

Manado ( lintassulut.com ) - Anggota DPRD Manado Jimmy Gosal SH...


Posko Aduan PSI Masuk DPRD Manado, Hasil Positif Dituai
Dimuat pada 19 September 2019

Manado ( lintassulut.com ) - 
Penyampaian warga ke Posko Aduan...


Pengedar Uang Palsu Diamankan Polsek Kauditan
Dimuat pada 18 September 2019

Minahasa Utara (lintassulut.com) -Selasa (17/9/19) Polsek Kauditan berhasil...


Pemkab Minut Sediakan Penghargaan Kepada Desa Lunas Pajak PBB
Dimuat pada 18 September 2019

Minahasa Utara (lintassulut.com) -Dalam rangka memaksimalkan penerimaan pajak...


DPRD Gelar Paripurna Pelantikan Dondokambey-Van Bone-Laikun, Pimdekot 2019-2024 Resmi
Dimuat pada 17 September 2019

Manado ( lintassulut.com ) - 
Pucuk pimpinan Ketua DPRD Manado Dra...


Mapala Equil Terima Anggota Penuh, Setelah Orientasi Kenal Medan Di Hutan Ditempuh
Dimuat pada 17 September 2019

Manado ( lintassulut.com ) - 
Usai dilatih teori dan sejumlah...


Pimpinan Dan Anggota Fraksi Diparipurnakan, Pimdekot Segera
Dimuat pada 16 September 2019

Manado (lintassulut.com ) - 
Secara lengkap seluruh anggota DPRD...


1
...